" Keterampilan Mikro"
Keterampilan mikro dalam menyimak
- Menyimpan/mengingat unsur bahasa yang didengar menggunakan daya ingat jangka pendek
- Berupaya membedakan bunyi-bunyi yang berbeda arti dalam bahasa target
- Menyadari adanya bentuk-bentuk tekanan dan nada, warna suara, intonasi, dan adanya reduksi bentuk-bentuk kata
- Membedakan dan memahami arti kata-kata yang didengar
- Mengenal bentuk-bentuk kata khusus
- Mendeteksi kata-kata kunci yang mengidentifikasi topik dan gagasan
- Menebak makna dari konteks
- Mengenal kelas-kelas kata
- Menyadari bentuk-bentuk dasar sintaksis
- Mengenal perangkat-perangkat kohesif
- Mendeteksi unsur-unsur kalimat seperti subjek, predikat, objek, preposisi dan unsure-unsur lainnya.
Keterampilan mikro dalam berbicara
- Mengucapkan bunyi-bunyi yang berbeda secara jelas sehingga pendengar dapat membedakannya
- Menggunakan tekanan dan nada serta intonasi yang jelas dan tepat sehingga pendengar dapat memahami apa yang diucapkan pembicara
- Menggunakan bentuk-bentuk kata, urutan kata, serta pilihan kata yang tepat
- Menggunakan register atau ragam bahasa yag sesuai terhadap situasi komunikasi, termasuk sesuai ditinjau dari hubungan antara pembicara dan pendengar
- Berupaya agar kalimat-kalimat utama jelas bagi pendengar
- Berupaya mengemukakan ide-ide atau informasi tambahan guna menjelaskan ide-ide utama
- Berupaya agar wacana berpautan secara selaras sehingga pendengar mudah mengikuti pembicaraan
Keterampilan mikro dalam membaca
- Mengenal sistem tulisan yang digunakan
- Mengenal kosa kata
- Menentukan kata-kata kunci yang menidentifikasikan topik dan gagasan utama
- Menentukan makna-makna kata, termasuk kosakata split, dari konteks tertulis
- Mengenal kelas kata gramatikal: kata benda, kata sifat, dan sebagainya
- Menentukan konstituen-konstituen dalam kalimat, seperti subjek, predikat, objek, dan preposisi
- Mengenal bentk-bentuk dasar sintaksis
- Merekonstruksi dan menyimplkan situasi, tujuan-tujuan, dan partisipan
- Menggunakan perangkat kohesif leksikal dan gramatikal guna menarik kesimpulan-kesimpulan
- Menggunakan pengetahan dan perangkat-perangkat kohesif leksikal dan gramatikal untuk memahami topik utama atau informasi utama
- Membedakan ide utama dari detail-detail yang disajikan
- Menggunakan strategi membaca yang berbeda terhadap tujuan-tujuan membaca yang berbeda, seperti skimming untuk mencari ide-ide utama atau melakukan studi secara mendalam
Keterampilan mikro dalam menulis
- Menggunakan ortografi dengan benar termasuk penggunaan ejaan
- Memilih kata yang tepat
- Menggunakan bentuk kata dengan benar
- Menurutkan kata-kata dengan benar
- Menggunakan struktur kalimat dengan tepat dan jelas bagi pembaca
- Memilih genre tulisan yang tepat, sesuai dengan pembaca yang dituju
- Mengupayakan ide-ide atau informasi utama didukung secara jelas oleh ide-ide atau informasi tambahan
- Mengupayakan terciptanya paragraph dan keseluruhan tulisan koheren sehingga pembaca mudah mengikuti jalan pikiran atau informasi yang disajikan
- Membuat dugaan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca sasaran mengenai subjek yang ditulis dan membuat asumsi mengenai subjek yang ditulis dan membuat asumsi mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui dan penting untuk ditulis.
Sumber: Sunarti dan Deri Anggraini. 2009. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta
0 komentar:
Posting Komentar