Keterampilan Mikro dalam Aspek Keterampilan Berbahasa

" Keterampilan Mikro"


Keterampilan mikro dalam menyimak
  1. Menyimpan/mengingat unsur bahasa yang didengar menggunakan daya ingat jangka pendek
  2. Berupaya membedakan bunyi-bunyi yang berbeda arti dalam bahasa target
  3. Menyadari adanya bentuk-bentuk tekanan dan nada, warna suara, intonasi, dan adanya reduksi bentuk-bentuk kata
  4. Membedakan dan memahami arti kata-kata yang didengar
  5. Mengenal bentuk-bentuk kata khusus
  6. Mendeteksi kata-kata kunci yang mengidentifikasi topik dan gagasan
  7. Menebak makna dari konteks
  8. Mengenal kelas-kelas kata
  9. Menyadari bentuk-bentuk dasar sintaksis
  10. Mengenal perangkat-perangkat kohesif
  11. Mendeteksi unsur-unsur kalimat seperti subjek, predikat, objek, preposisi dan unsure-unsur lainnya.
Keterampilan mikro dalam berbicara
  1. Mengucapkan bunyi-bunyi yang berbeda secara jelas sehingga pendengar dapat membedakannya
  2. Menggunakan tekanan dan nada serta intonasi yang jelas dan tepat sehingga pendengar dapat memahami apa yang diucapkan pembicara
  3. Menggunakan bentuk-bentuk kata, urutan kata, serta pilihan kata yang tepat
  4. Menggunakan register atau ragam bahasa yag sesuai terhadap situasi komunikasi, termasuk sesuai ditinjau dari hubungan antara pembicara dan pendengar
  5. Berupaya agar kalimat-kalimat utama jelas bagi pendengar
  6. Berupaya mengemukakan ide-ide atau informasi tambahan guna menjelaskan ide-ide utama
  7. Berupaya agar wacana berpautan secara selaras sehingga pendengar mudah mengikuti pembicaraan
Keterampilan mikro dalam membaca
  1. Mengenal sistem tulisan yang digunakan
  2. Mengenal kosa kata
  3. Menentukan kata-kata kunci yang menidentifikasikan topik dan gagasan utama
  4. Menentukan makna-makna kata, termasuk kosakata split, dari konteks tertulis
  5. Mengenal kelas kata gramatikal: kata benda, kata sifat, dan sebagainya
  6. Menentukan konstituen-konstituen dalam kalimat, seperti subjek, predikat, objek, dan preposisi
  7. Mengenal bentk-bentuk dasar sintaksis
  8. Merekonstruksi dan menyimplkan situasi, tujuan-tujuan, dan partisipan
  9. Menggunakan perangkat kohesif leksikal dan gramatikal guna menarik kesimpulan-kesimpulan
  10. Menggunakan pengetahan dan perangkat-perangkat kohesif leksikal dan gramatikal untuk memahami topik utama atau informasi utama
  11. Membedakan ide utama dari detail-detail yang disajikan
  12. Menggunakan strategi membaca yang berbeda terhadap tujuan-tujuan membaca yang berbeda, seperti skimming untuk mencari ide-ide utama atau melakukan studi secara mendalam
Keterampilan mikro dalam menulis
  1. Menggunakan ortografi dengan benar termasuk penggunaan ejaan
  2. Memilih kata yang tepat
  3. Menggunakan bentuk kata dengan benar
  4. Menurutkan kata-kata dengan benar
  5. Menggunakan struktur kalimat dengan tepat dan jelas bagi pembaca
  6. Memilih genre tulisan yang tepat, sesuai dengan pembaca yang dituju
  7. Mengupayakan ide-ide atau informasi utama didukung secara jelas oleh ide-ide atau informasi tambahan
  8. Mengupayakan terciptanya paragraph dan keseluruhan tulisan koheren sehingga pembaca mudah mengikuti jalan pikiran atau informasi yang disajikan
  9. Membuat dugaan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca sasaran mengenai subjek yang ditulis dan membuat asumsi mengenai subjek yang ditulis dan membuat asumsi mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui dan penting untuk ditulis. 

Sumber: Sunarti dan Deri Anggraini. 2009. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta

0 komentar: