MEDIA PEMBELAJARAN DAKONMATIKA



DAKONMATIKA

Salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika adalah dengan penggunaan Dakonmatika sebagai implikasi pembelajaran FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil).
Dakonmatika adalah suatu media visual dalam pembelajaran matematikan yang merupakan inovasi baru sebagai media pembelajaran matematika. Dakonmatika menggabungkan antara permainan tradisional dan pembelajaran matematika. Sehingga diharapkan selain mampu menjadi media pembelajaran matematika yang menyenangkan dakonmatika juga mampu melestarikan salah satu permainan tradisional yaitu dakon.

TUJUAN MEDIA DAKONMATIKA
Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika kedalam situasi kehidupan nyata, beberapa siswa menganggap pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat sulit dibanding dengan pelajaran-pelajaran lain. Hal ini dikarenakan kebanyakan guru menyampaikan materi dengan cara ceramah sehingga peserta didik sulit untuk memahaminya karena mereka hanya menerima konsep-konsep yang masih abstrak.
Pada taraf usia anak SD mereka masih berfikir secara kongkrit sehingga dengan pembelajaran yang menggunakan media visual (Dakonmatika) akan dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan (KPK dan FPB). Selain itu dengan media ini maka dapat menarik perhatian dan menyenangkan bagi siswa sehingga pembelajaran matematika tidak membosankan dan lebih variatif.

FUNGSI MEDIA DAKONMATIKA
1.      Memberikan alternatif metode pembelajaran matematika yang menyenangkan untuk peserta didik.
2.      Memberikan alternatif games edukatif bagi anak-anak.
3.      Bagi guru dapat memudahkan guru dalam mengajarkan materi FPB dan KPK.
4.      Bagi siswa dapat memudahkan dalam memahami materi FPB dan KPK.
5.      Bagi sekolah dapat memberikan sumbangan dalam peningkatan hasil belajar matematika.

ALAT DAN BAHAN
a.       Alat yang digunakan:
1)      Gunting
2)      Penggaris
3)      Spidol
4)      Lem
5)      Doubletape
b.      Bahan yang Digunakan
1)      Gelas plastik bekas
2)      Papan triplek
3)      Styrofoam
4)      Cat Poster
5)      Kertas emas
6)      Sedotan dibentuk bintang (bisa juga diganti dengan biji-bijian)
7)      Kertas HVS

CARA PEMBUATAN
1.    Menyiapkan alat dan bahan.
2.    Gelas plastik bekas di cat atau diberi gambar.
3.    Lalu dikeringkan hingga catnya kering kemudian bawah gelas ditempeli angka 1- 48, dan dua gelas ditempeli A dan B.
4.    Siapkan triplek berukuran sesuai Styrofoam.
5.    Styrofoam ditempeli kertas emas kemudian ditempel pada triplek.
6.    Menempelkan gelas plastik pada Styrofoam sesuai dengan urutan angka, seperti pada gambar berikut:
 
7.  Media pembelajaran Dakonmatika telah siap digunakan.

PETUNJUK PENGGNAAN
1.      Untuk mencari KPK
a.       Permainan ini dilakukan oleh dua orang.
b.      Setiap orang memegang satu angka (misalnya mencari KPK dari 5 dan 2 maka orang pertama fokus pada angka 5 dan orang selanjutnya fokus pada angka 2).
c.  Orang pertama yang memegang angka 5 maka dia akan menjalankan biji dakon (mengisi lobang lobang dakon) pada kelipatan lima.
d. Setelah orang pertama selesai maka orang ke dua melanjutkan permainan dengan memasukkan biji dakon pada lubang kelipatan dua kemudian berhenti setelah biji dakon orang pertama dan biji dakon orang kedua berada pada satu lobang (lobang 10)  
e. Biji pemain pertama dan pemain kedua berada pada lubang kesepuluh maka 10 merupakan KPK dari 5 dan 2.
f. Permainan diulang dengan soal yang berbeda.
2. Untuk mencari FPB
a.       Misal mencari FPB dari 6 dan 4
b.     Maka orang pertama menaruh 6 biji dakon dalam lingkaran A dan orang keda menaruh 4 biji dakon pada lingkaran B.

c.  Orang pertama meperhatikan biji-biji pada lingkaran A dan orang kedua memperhatikan biji-biji pada lingkaran B.
d.    Orang pertama meletakkan biji pada bilangan yang merupakan faktor dari 6 dan orang kedua meletakkan biji pada bilangan yang merupakan foktor dari 4.

e. Bilangan terbesar dimana terdapat 2 biji dengan warna berbeda merupakan faktor persekutuan terbesar dari kedua bilangan tersebut. Jadi 2 merupakan FPB dari 6 dan 4.

f.       Permainan diulang dengan soal yang berbeda.
 

KELEBIHAN MEDIA DAKONMATIKA
1.      Menjadikan pembelajaran matematika lebih variatif, inovatif dan kreatif.
2.      Mempermudah pemahaman peserta didik karena lebih kongkrit.
3.      Mempermudah guru dalam menyampaikan materi KPK dan FPB.
4.      Lebih menarik perhatian peserta didik dalam pembelajaran matematika khususnya KPK dan FPB sehingga tidak membosankan.
5.      Memotivasi peserta didik untuk belajar matematikan dan menyukai pelajaran matematika.
6.      Memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan media pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien.
7.      Meningkatkan hasil belajar peserta didik.
8.      Dapat digunakan berulang kali.

KELEMAHAN MEDIA DAKONMATIKA
1.      Tidak bisa untuk mencari KPK dan FPB dengan nilai yang besar.
2.      Tidak adanya audio sehingga harus dijelaskan oleh guru.
3.      Sulit ditampakkan dalam kelas dengan kuantitas peserta didik yang banyak 
4.      Media pembelajaran ini mudah lepas karena gelas plastik hanya di lem.



0 komentar: